Senin, 13 Juli 2009


Suatu definisi yang lebih luas bahwa: “e-Learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone.”

Dari puluhan atau bahkan ratusan definisi yang muncul dapat kita simpulkan bahwa sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dapat disebut sebagai suatu e-Learning.

Keuntungan Menggunakan e-Learning

Keuntungan menggunakan e-Learning diantaranya adalah sebagai berikut:

Menghemat waktu proses belajar mengajar

Mengurangi biaya perjalanan

Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku-buku)

Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas

Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan

Strategi Pengembangan e-Learning

Ketika kita berbicara tentang strategi pengembangan e-Learning, maka hakekatnya adalah sama saja dengan strategi pengembangan perangkat lunak. Hal ini karena e-Learning adalah juga merupakan suatu perangkat lunak. Dalam ilmu rekayasa perangkat lunak (software engineering), ada beberapa tahapan yang harus kita lalui pada saat mengembangkan sebuah perangkat lunak.

· · Reqiurement analysis and Spesification

· · Design

· · Coding

· · Testing

  • ·Maintenance



    Penerapan teknologi e-learning di dunia pendidikan perlu dikembangkan lebih jauh. Penerapannyaselama ini masih dirasakan kurang oleh para penggunanya. Untuk itu perlu sosialisasi dan pelatihankhusus dalam rangka mengembangkan e-learning tersebut untuk diterapkan lebih jauh oleh seluruhdosen dan mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar